KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Puskeshaji dan DPR Siap Sosialisasi Haji Sehat

 Rabu, 29 Juli 2020
 Puskeshaji

Jakarta, 29 Juli 2020 - Pusat kesehatan haji bersama Tenaga Ahli (TA) anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengadakan pertemuan persiapan penyelenggaraan Sosialisasi Haji Sehat di Westin Hotel Jakarta (28/07/2020). Pertemuan dihadiri oleh Kepala Pusat Kesehatan Haji selaku pimpinan rapat, Kepala Bidang Pembimbingan dan Pengendalian Faktor Risiko beserta staf dan 7 orang TA komisi IX DPR. Pertemuan ini di tujukan agar tim yang akan melaksanakan Sosialisasi Haji Sehat di kabupaten/kota memiliki satu kepemahaman mengenai tujuan dan mekanisme pelaksanaan sosialisasi yang dimaksud..

dr. Eka Jusup Singka mengatakan tujuan Sosialisasi Haji Sehat ini untuk mensosialisasikan kepada jemaah haji dan KBIH tentang pentingnya kesehatan selama berhaji dan melaksanakan pemeriksaan serta pembinaan kesehatan. Selain itu, Sosialisasi Haji Sehat ini juga mensosialisasikan kepada petugas kesehatan haji tentang Undang-Undang nomor 8 tahun 2019, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 tahun 2016 dan hasil ijtima ulama MUI tentang Istitha'ah Kesehatan Haji.

Peserta pertemuan berdiskusi tentang bagaimana mekanisme dan cara pelaksanaan sosialisasi di masa pandemi Covid-19. Dr. Eka menyampaikan untuk pelaksanaan tetap menggunakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan bagi anggota dewan yang berlokasi di daerah yang statusnya merah seperti Jawa Timur, sebaiknya kegiatan ditunda dahulu sampai status wilayahnya berubah.

Koordinasi juga dilaksanakan dengan Dinas Kesehatan Provinsi setempat dan mengundang setidaknya 200 org Jemaah Haji dari daerah yang akan dikunjungi. Kegiatan direncanakan akan dilaksanakan pada masa reses Anggota Dewan Komsi IX DPR RI yaitu bulan Agustus dan Oktober 2020.

Sosialisasi Haji Sehat merupakan upaya pemerintah dalam mempersiapkan calon jemaah haji sebelum keberangkatan ke Arab Saudi. (NK).

 

Share Berita ini :

   