KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Puskeshaji buat Vlog Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Jemaah Haji

 Selasa, 14 Juli 2020
 Puskeshaji

Depok, 14 Juli 2020 - Pusat Kesehatan haji bersama dokter-dokter spesialis yang pernah bertugas menjadi petugas haji melaksanakan pertemuan untuk membuat vlog tentang penyakit-penyakit yang sering menjadi penyebab kesakitan dan kematian Jemaah haji.

Berdasarkan data Kesehatan Jemaah Haji penyebab wafat Jemaah haji pada tahun 2019 terbanyak adalah penyakit pernafasan (37%) dan penyakit cardiovaskuler (32%). Untuk itu dalam rangka mendukung penyelenggaraan kesehatan haji di Arab Saudi terutama dalam pelaksanaan pembinaan bagi Jemaah haji, perlu disusun media pembinaan Kesehatan Jemaah haji.

Dr. Eka Jusup Singka mengatakan, “Vlog ini ditujukan terutama untuk petugas Kesehatan haji di Puskesmas, Kabupaten/Kota, maupun PPIH agar dalam melaksanakan pembinaan kesehatan haji mempunyai media penyuluhan kesehatan haji yang memadai. Selain itu vlog ini juga dapat dilihat oleh masyarakat umum dan jemaah haji, karena vlog dibuat sesederhana mungkin agar dapat dan mudah dimengerti Jemaah Haji Indonesia."

Pembuatan vlog yang dilaksanakan tanggal 13-14 Juli 2020, bertempat di Fave Hotel Depok dihadiri oleh penyuluh Kesehatan haji beserta dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis penyakit paru, dokter spesialis penyakit jantung dan dokter spesialis jiwa ini menghasilkan 9 buah script vlog dan vlog penyakit pada Jemaah haji. Adapun judul video yang dimaksud adalah:
1) Video Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK);
2) Video Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Pneumonia;
3) Video Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Asma;
4) Video Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diabetes Melitus (DM);
5) Video Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Stress;
6) Video Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Jantung;
7) Video Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Jantung Koroner dan Serangan Jantung;
8) Video Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Gagal Jantung;
9) Video Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Hypertensi.

Pemeran (talent) dalam vlog ini adalah para dokter-dokter spesialis yang pernah menjadi petugas Kesehatan haji di Arab Saudi.

Pembuatan vlog ini merupakan upaya Pusat Kesehatan haji dalam membina Jemaah haji agar Jemaah haji Indonesia dapat mencapai Istithaah Kesehatan haji saat keberangkatannya nanti. (NK)

Share Berita ini :

   