KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Konsolidasi Petugas PPIH dengan Memantapkan Draft Permenkes Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Kesehatan Haji di Arab Saudi

 Rabu, 25 November 2020
 Puskeshaji

Jakarta, 25 November 2020 - Dalam rangka finalisasi dan pemantapan draft Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Haji, Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan kembali menggelar Pertemuan Konsolidasi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Hotel Margo Depok pada tanggal 25 November 2020. Pertemuan ini dihadiri oleh 35 orang dari internal Pusat Kesehatan Haji, mantan dan calon PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Dr. dr. Eka Jusup Singka, MSc dalam arahannya mengatakan bahwa tujuan pertemuan ini adalah menyusun permenkes penyelenggaraan kesehatan haji di Arab Saudi. Dasar dari draft permenkes ini diambil dari juknis-juknis yang sudah ada. Terdapat 12 juknis operasional kesehatan haji.

“Saya berharap mantan dan calon petugas dapat memberikan masukan dalam draft permenkes ini sesuai pengalamannya selama ini”, kata Eka. “Saya berharap draft permenkes ini final di tahun 2020”.

Eka menambahkan perlu ditambahnya dasar hukumya yaitu Permenkes Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pada Petugas dan Jemaah Haji Umrah yang telah disusun sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa Pusat Kesehatan Haji telah memiliki Permenkes 15 tahun 2016 dan Permenkes 62 tahun 2016. Permenkes 15 tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Haji yang mengatur penyelenggaraan Kesehatan haji di Indonesia. Sedangkan Permenkes 62 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji yang mengatur penyelenggaraan Kesehatan haji Indonesia dan Arab Saudi. (ENN)

Share Berita ini :

   