KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Jemaah Haji Kota Sawahlunto Terapkan Protokol Kesehatan 3M pada Sosialisasi Haji Sehat

 Minggu, 22 November 2020
 Puskeshaji

Puskeshaji, Sawahlunto - Minggu, 22 November 2020 bertempat di Gedung Kebudayaan Kota Sawahlunto telah berlangsung acara Sosialisasi Haji Sehat (SHS) kerjasama antara Pusat Kesehatan Haji, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Sawahlunto dan Komisi IX DPR RI. Acara ini diikuti dengan penuh semangat oleh 64 orang calon Jemaah Haji Kota Sawahlunto tahun 2021. Sebelum dimulai acara ini telah dilakukan Rapid Diagnostic Test (RDT) pada seluruh calon jemaah guna pencegahan dan pengendalian Covid-19. Dari hasil RDT ini terdapat 9 orang calon jemaah haji dengan hasil reaktif dan dilakukan edukasi serta penyelesaian administrasi kepada calon jemaah haji dan dipersilahkan untuk meninggalkan tempat acara.

Kepala Bidang Pembimbingan dan Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan Haji dr. Halimatussadiah, MKM mewakili Kepala Pusat Kesehatan Haji dalam sambutannya menyebutkan, “Dengan ditundanya keberangkatan Jemaah Haji tahun 2020 menandakan bahwa Pemerintah sayang kepada Jemaah Haji Indonesia, karena dengan adanya pandemi Covid-19 di seluruh dunia dan Pemerintah Indonesia resmi membatalkan keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2020 memberikan banyak kesempatan kepada calon Jemaah Haji untuk mempersiapkan fisik dan mental bagi jemaah untuk keberangkatan In Shaa Allah pada tahun 2021.” Dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat diharapkan calon jemaah haji selalu dapat menerapkan protokol 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak minimal 1 meter) yang sudah dimulai sejak di Indonesia sampai dengan ke Arab Saudi.

Anggota Komisi IX DPR RI Bapak. Drs. Darul Siska yang merupakan putra daerah asli dari Talawi Sumatera Barat dalam sambutannya menekankan pentingnya menjaga kebugaran bagi seluruh jemaah haji dengan cara yang mudah dan murah seperti yang dicontohkan dalam pengukuran kebugaran pada acara Sosialisasi Haji Sehat (SHS) ini yaitu dengan melakukan jalan pagi, diharapkan seluruh calon Jemaah Haji dapat menjaga kesehatan dan terhindar dari Covid-19, sehingga dapat melaksanakan Ibadah Haji Tahun 2021.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Ibu Dr. dr. Ambun Kadri, MKM dalam sembutannya mengucapkan “Terima kasih telah memilih Kota Sawahlunto yang merupakan UNESCO World Heritage Site dalam acara SHS ini, semoga dengan adanya SHS ini jemaah haji dapat menjaga kesehatan dan kebugaran serta rutin menerapkan protokol 3M sampai ke Arab Saudi nanti”. Dalam acara ini Sekretaris Daerah tak lupa pula untuk memberikan paket bantuan secara simbolis kepada calon jemaah haji tahun 2021 diikuti dengan foto bersama seluruh calon Jemaah Haji Kota Sawahlunto.

Sebelum acara SHS ini berakhir dilakukan pemberian penyuluhan kepada calon Jemaah Haji dengan pemutaran vlog kesehatan haji dan pemberian edukasi berupa paparan materi-materi kesehatan yang sangat bermanfaat bagi calon jemaah haji dan pengenalan calon petugas kesehatan haji (TKHI dan PPIH) yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat 2021. (AIR&HD)

Share Berita ini :

   