KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

DPR RI dan Pusat Kesehatan Haji Siapkan Kesehatan Jemaah Haji Kota Jambi

 Sabtu, 21 November 2020
 Puskeshaji

PUSKESHAJI - Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI bersama dengan Komisi IX DPR RI menyelenggarakan Sosialisasi Haji Sehat di Kota Jambi, Provinsi Jambi, Sabtu 21 November 2020 bertempat di Hotel Grand Kota Jambi. Kegiatan yang dihadiri oleh 200 orang jemaah haji ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sejak calon jemaah haji masuk gerbang Hotel. Peserta yang datang wajib menggunakan masker, diperiksa suhu badan, mencuci tangan dengan tertib dan selalu menjaga jarak. Selanjutnya para peserta dilakukan pemeriksaan Rapid Diagnostic Test, pengukuran kebugaran dan pemeriksaan mata oleh Tim Dinas Kesehatan Kota Jambi.

Selain jemaah haji turut hadir anggota Komisi IX DPR RI Bapak Ir. AR. Sutan Adil Hendra, MM, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Jambi Ibet Harianto, SKM, M.Kes, Kepala Pusat Kesehatan Haji diwakili oleh Kepala Sub Bidang Penyuluhan dan Pembimbingan Kesehatan Haji dr. Moh Imran, MKM, Pengelola Kesehatan Haji Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Pengelola Kesehatan Haji Dinas Kesehatan Kota Jambi, Puskesmas Kota Jambi, calon petugas PPIH/TKHI Kota Jambi dan tim Pusat Kesehatan Haji. Setelah melaksanakan pengukuran kebugaran dengan menggunakan metode Rockport 1,6 KM, jemaah haji juga diberikan lembar self assesment untuk melakukan pengukuran kebugaran secara mandiri di rumah masing-masing. “Selama masa pandemi, pengukuran kebugaran dapat dilaksanakan secara mandiri dengan menggunakan formulir ini, diharapkan jemaah haji tetap melaksanakan pengukuran kebugaran secara mandiri di rumah agar dapat menjaga kesehatannya selama menunggu keberangkatan” ucap Abdul Hafiz, SKM, M.Kes, Tim Pusat Kesehatan Haji.

Jemaah selanjutnya diarahkan memasuki ruang pertemuan untuk mengikuti acara manasik kesehatan haji. Acara dimulai dengan sambutan selamat datang oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Jambi, Ibet mengatakan kegiatan ini dilaksanakan atas dukungan dari pusat yaitu Kementerian Kesehatan dan DPR RI, diharapkan jemaah tetap melaksanakan pengukuran kebugaran ini agar jemaah sehat dan dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan menjadi haji mabrur. Kemudian sambutan dilanjutkan oleh dr. Imran, beliau mengatakan “adanya pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun 2020 ini tidaklah menjadi halangan untuk jemaah tetap melaksanakan pengukuran kebugaran agar dapat berangkat ke Baitullah dengan kondisi sehat dan dapat menjalankan rukun haji dengan baik.

Acara dibuka oleh Anggota komisi IX DPR RI, dalam arahannya Sutan mengatakan Kegiatan ini terlaksana karena adanya koordinasi yang baik antara tiap elemen pemerintah yaitu komisi IX DPR RI, Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Daerah Kota Jambi dalam mempersiapkan kesehatan jemaah haji yang akan diberangkatkan tahun 2021”. Sutan melanjutkan “Walaupun dalam masa pandemi kegiatan ini tetap dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan, jemaah dihimbau selalu melaksanakan 3M memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dengan harapan jemaah haji di Kota Jambi akan selalu dalam keadaan sehat selama di Indonesia dan nantinya di Arab Saudi”.

Pada akhir acara Najmi Komariyah, SKM, MKM, Tim Pusat Kesehatan Haji memperkenalkan para calon petugas kesehatan haji wilayah Kota Jambi dan sekitarnya, yang akan mendampingi, membina dan melayani calon jemaah haji selama di Indonesia dan Arab Saudi. “Bapak/Ibu calon jemaah haji harus kenal dengan petugas yang akan mendampinginya dan tidak sungkan-sungkan lagi berkomunikasi dengan petugas kesehatan haji,” ujar Najmi saat menutup perkenalan dengan para petugas kesehatan haji. (MI & NK)

 

Share Berita ini :

   