KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Antusiasnya Jemaah Haji Kota Palembang Mengikuti Sosialisasi Haji Sehat

 Sabtu, 21 November 2020
 Puskeshaji

Palembang, 21 November 2020 - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan bersama Pusat Kesehatan Haji melaksanakan pengukuran kebugaran dan Sosialisasi Haji Sehat di halaman Kantor DPRD Sumatera Selatan pada hari Sabtu 21 November 2020. Antusias jemaah yang mendaftar pada acara tersebut berjumlah 339 jemaah, melebihi target jemaah yang disiapkan sejumlah 200 jemaah. Acara dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 dengan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun, pemeriksaan Rapid Test (RDT) dan pemeriksaan kesehatan, serta pemeriksaan mata. sebelum melaksanakan pengukuran kebugaran jemaah.

Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili Kasie Yankes Rujukan HM. Ifan Fahriansyah, MKes. dalam sambutannya menyampaikan pada Jemaah Haji Kota Palembang bahwa untuk menuju Tanah Suci, jemaah harus mempersiapkan Maliyah, Ruhiyah dan Jasadiyah dan diiringi keinginan yang kuat (Azzam) dengan harapan mendapat amalan dari Allah, SWT. Sedangkan keberangkatan adalah hak preogratif dari Yang Maha Kuasa. Fahri juga berharap jemaah dapat diberangkatkan dalam keadaan sehat, dan kembali sehat.

dr. Melzan Dharmayuli, M.Kes mewakili Kepala Pusat Kesehatan Haji mengatakan hukum boleh berangkat beribadah haji adalah bagi yang Istithaah, yakni mampu dalam biaya, mampu ilmu dan harus dalam keadaan sehat baik fisik maupun rohani. Rangkaian dalam ibadah haji tidak terlepas dari kegiatan fisik dalam berhaji baik Thawaf maupun Sa'i dan rata-rata jemaah harus berjalan kaki selama beribadah. Melzan menghimbau jemaah harus dalam keadaan sehat, dengan rajin melakukan kontrol kesehatan ke petugas kesehatan setempat jika dirasakan ada keluhan, atau memiliki penyakit Cormobid. Karena itu jemaah harus selalu berusaha walaupun keputusan pemberangkatan jemaah sampai saat ini belum ada. Di akhir Melzan mengatakan pengukuran kebugaran dengan Metode Rockport bisa dilakukan dimana saja asalkan memenuhi syarat 1,6 KM. Walaupun terjadi Pandemi Covid -19, tetapi persiapan harus terus dilakukan. Protokol 3 M harus dilakukan, Melzan juga mengingatkan jemaah untuk melaksanakan Vaksin Meningitis Meningococus bagi yang belum mendapat vaksin walaupun belum ada kepastian keberangkatan dengan menghubungi petugas kesehatan setempat.

Dalam acara tersebut juga disampaikan pesan pesan kesehatan oleh Pemegang program kesehatan haji dari dinkes Kesehatan provinsi bersama Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH )Kloter yang akan mengiringi jemaah dan PPIH Arab Saudi. (ZL)

 

Share Berita ini :

   