KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Kabupaten Sigi Siapkan Jemaah Haji Sehat di Masa Pandemi Covid-19

 Minggu, 15 November 2020
 Puskeshaji

PUSKESHAJI, Sigi - Pembinaan kesehatan haji dalam acara Sosialisasi Haji Sehat kali ini dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Desa Tulo Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah, Minggu 15 November 2020. Wilayah Sigi yang pernah terdampak likuifaksi ini jemaahnya sangat bersemangat mengikuti pembinaan kesehatan haji. Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan sebagai tim leader dalam kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah telah mengundang sebanyak 200 orang jemaah haji di wilayah Kabupaten Sigi yang akan berangkat tahun 2021 untuk mengikuti kegiatan pembinaan kesehatan haji yang di didalamnya terdiri dari pemeriksaan kesehatan, pengukuran kebugaran dan penyuluhan kesehatan haji.

Selain jemaah haji, kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi (Muhammad Basir, SE, MP), Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi (dr. Radison), Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tengah (Lutfi A Godal, S.Ag, M.Ag), Tim Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, Tim Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan dan Calon TKHI/PPIH di wilayah Kabupaten Sigi.

Karena kegiatan dilaksanakan masih dalam masa pandemi COVID-19, maka sebelum kegiatan dimulai, jemaah haji diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan menggunakan masker, diperiksa suhu badan, mencuci tangan dengan tertib dan selalu menjaga jarak. Selanjutnya para peserta dilakukan pemeriksaan kesehatan, cek Rapid Diagnostic Test (RDT) COVID-19 oleh tim kesehatan dari dinas kesehatan dan calon petugas TKHI dan PPIH Kabupaten Sigi.

Jemaah haji yang hadir selanjutnya melaksanakan pengukuran kebugaran dengan menggunakan metode Rockport sejauh 1,6 km atau dengan six minute walking test bagi jemaah yang memiliki risiko tinggi. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan haji dengan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, mewakili Bupati Sigi. Dalam sambutannya Basir mengatakan Pemerintah Sigi sangat mendukung kegiatan ini sebagai perwujudan pemerintah dalam mempersiapkan kesehatan jemaah haji sebelum diberangkatkan ke tanah suci. Pandemi ini bukan menjadi peghalang bagi jemaah haji untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan pembinaan kesehatan, karena rangkaian ibadah haji merupakan rangkaian ibadah yang memerlukan kondisi fisik yang baik”.

Pada tempat yang sama Kepala Pusat Kesehatan Haji diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Pusat Kesehatan Haji, Rahmat Kurniadi, S.Sos, M.Kes, dalam arahannya mengatakan, “Walau keberangkatan jemaah haji tertunda di tahun 2020, insya Allah di tahun 2021 para jemaah akan berangkat ke tanah suci, maka jemaah haji diharapkan menjaga kesehatannya selama menunggu keberangkatannya, dengan berolahraga teratur, makan makanan bergizi minum obat dan mengontrol kesehatan secara rutin, serta tetap melaksanakan protokol kesehatan”.

Pada akhir acara, Rahmat memperkenalkan para calon petugas kesehatan haji di wilayah Kabupaten Sigi yang akan mendampingi, membina dan melayani calon jemaah haji selama di Indonesia dan Arab Saudi dan memberikan secara simbolis bingkisan untuk para jemaah haji yang hadir. (RK, NK)

Share Berita ini :

   