KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Kategori
BERITA VIDEO
Video Apa Itu Tanazul?


Jum'at, 28 Agustus 2020

Video Tutorial Senam Haji Sehat


Kamis, 20 Agustus 2020

Lihat Berita Video Lainnya

Komisi IX DPR RI: Total Dukung Program Kesehatan Haji dalam Pembinaan Jemaah Haji Sukabumi

 Kamis, 04 April 2019
 Puskeshaji

Sukabumi, 4 April 2019 - Pusat Kesehatan Haji, Kementerian Kesehatan aktif melakukan Sosialisasi Istithaah Kesehatan Jemaah Haji di beberapa kab/kota diantaranya di Kab. Sukabumi 4 April 2019 dalam rangka mempersiapkan jemaah haji yang istithaah dan menerapkan Peraturan Menteri Kesehaan No 16 tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jemaah Haji.

Kepala Sub Bidang PPFR Pusat Kesehatan haji, Imron Cahyono, ST, M.Kes, mengatakan kesehatan jemaah haji merupakan tanggungjawab pemerintah dalam penyelenggaraan kesehatan haji melalui pembinaan, pemeriksaan dan perlindungan yang diamanatkan UU No.13/2008 dan Permenkes No.15/2016, agar jemaah haji tetap sehat ,tidak membahayakan diri sendiri dan jemaah lainnya sehingga dalam melaksanakan ibadah hajinya sesuai rukun dan wajib haji mencapai haji mabrur. Hasil pemeriksaan kesehatan jemaah haji akan dientry ke dalam aplikasi Siskohatkes dan dapat dibaca di Kartu Kesehatan Jemaah haji  dengan melakukan scan barcode sehingga mempermudah petugas mengetahui kondisi kesehatan jemaah haji yang diperiksa. “Jemaah haji yang dinyatatakan memenuhi syarat istithaah, dapat melanjutkan dengan vaksin meningitis untuk pencegahan penyakit menular dan untuk pemenuhan  persyaratan pengurusan visa,” lanjut Imron.

Anggota Komisi IX DPR RI Hj. Dewi Asmara, SH, MH menegaskan bahwa Komisi IX mendukung penuh Kementerian Kesehatan dalam upaya pembinaan dan pemeriksaan jemaah haji agar sehat secara jasmani, jiwa raga dan rohani guna kebaikan dan kemaslahatan jemaah haji. “Komisi IX DPR RI juga mengawal kepentingan dan kebutuhan jemaah haji dalam ibadah haji tahun ini dari tanah air, di Arab Saudi dan saat kembali ketanah air”, tutur Hj.Dewi.

Di akhir kegiatan Sosialisasi Istithaah Kesehatan Haji ini ditutup dengan materi manasik haji dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi. (AS)

 

Share Berita ini :

   