KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Memantapkan konsolidasi tugas melalui Workshop Tim Gerak Cepat (TGC)

 Senin, 15 April 2019
 Puskeshaji

Sentul Bogor, 15 April 2019 - Tim Gerak Cepat (TGC) PPIH 2019 melalukan konsolidasi tugas dalam workshop TGC di hotel Alana Sentul Bogor pada tanggal 14-16 April 2019. Workshop ini dihadiri oleh Koordinator TGC dan semua PJ sektor baik Mekkah maupun Madinah. TGC PPIH bidang Kesehatan adalah tim yang terdiri dari unsur dokter/dokter spesialis, perawat dan apoteker/petugas farmasi.

Kepala Pusat Kesehatan Haji, Dr. dr. Eka Jusup Singka, MSc dalam arahannya mengatakan bahwa petugas TGC harus selalu siap dan bisa bekerja. TGC juga bisa menjadi Duta Tim Promotif Preventif (TPP).

"Di Arafah selain pos kesehatan Arafah direncanakan akan ada 6 pos satelit kesehatan yang turun langsung ke jemaah" , jelas Eka. Tidak ada TGC yang ada di Muzdalifah. Muzdalifah akan ditugaskan petugas dari Mekkah. TGC juga disiapkan untuk bekerja di Mina yaitu di jamarat baik lantai 1 dan lantai 3.

Kabid Pendayagunaan Sumber Daya Kesehatan dan Fasilitasi Kesehatan Pusat Kesehatan Haji, dr. Indro Murwoko, dalam arahannya mengatakan bahwa setiap tahun dalam bertugas kita harus selalu lebih baik. Modal untuk menjadi lebih baik adalah pengalaman dan hasil penugasan sebelumnya. Semua kegiatan kita tidak lepas dari campur tangan Allah Yang Maha Kuasa, oleh karena itu kita harus lebih banyak berdoa. Selain itu petugas agar menjalankan amanah ini lebih maksimal.

"TGC PPIH bidang Kesehatan  diharapkan selain melakukan konsolidasi internal diharapkan juga dapat melakukan konsolidasi dengan Tim Pemberi Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (P3JH) dan Tim Linjam (Perlindungan Jemaah) petugas dari Kementerian Agama", kata Indro dalam arahannya.

"Petugas harus firm, tegas, tahu apa yang akan dilakukan dan ambil tanggung jawab" kata Indro. Jangan sampai petugas tidak tahu apa yang harus dilakukan. Untuk petugas yang lama agar melakukan improvisasi dan untuk petugas baru agar terus belajar.

Terdapat 3 tupoksi TGC yaitu :
1. Visitasi dan identifikasi jemaah sakit
2. Penanganan kegawat daruratan
3. Mempercepat proses rujukan baik ke KkHI maupun RSAS
4. Pencatatan dan pelaporan (ENN)

#haji #kesehatan #kesehatanhaji #puskeshaji

Share Berita ini :

   