KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Kategori
BERITA VIDEO
Video Apa Itu Tanazul?


Jum'at, 28 Agustus 2020

Video Tutorial Senam Haji Sehat


Kamis, 20 Agustus 2020

Lihat Berita Video Lainnya

Jamaah Haji Kabupaten Sidoarjo Lakukan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengukuran Kebugaran

 Rabu, 10 April 2019
 Puskeshaji

Sidoarjo, 7 April 2019 - Sebanyak 150 orang jamaah haji kabupaten Sidoarjo mengikuti kegiatan pemeriksaan dan pengukuran kebugaran yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo di Komplek Taman Pinang Indah, Sidoarjo, Jawa Timur pada hari Minggu, 7 April 2019. Kegiatan ini dilakukan untuk menunjang kelancaran ibadah haji para jamaah haji di tanah suci.

Sejak jam 6 Pagi, seluruh peserta sangat antusias melakukan rangkaian kegiatan ini. Pemeriksaan ini memberikan informasi kepada Jemaah haji mengenai status kesehatan mereka. Apakah memenuhi kriteria istita’ah atau tidak.

Kementerian Kesehatan sangat mengapresiasi kegiatan Sosialisasi Istitaah kesehatan yang dilakukan secara terpadu oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo yang melibatkan DPR RI dan komponen lintas terkait.

Kegiatan ini sangat didukung dan diapresisasi oleh anggota DPR RI Komisi IX ibu Dra Lucy Kurniasari. Pemerintah bersama DPR berkomitmen dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Sosialisasi Istitaah Kesehatan Haji merupakan bagian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dicanangkan Kementerian Kesehatan bersama-sama dengan komisi IX DPR RI dengan harapan masyarakat khususnya Jemaah haji mempunyai kesadaran dalam melakukan pola hidup sehat. Diharapkan kegiatan ini dapat dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan, imbuh Dra Lucy Kurniasari.

Kepala Pusat Kesehatan Haji, Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc, mengatakan bahwa pemeriksaan dan pengukuran kesehatan merupakan upaya pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan, dalam memberikan upaya pembinaan, pelayanan dan perlindungan bagi para Jemaah Haji Indonesia.

Kepala Bidang Pembimbingan dan dan Pengendalian Faktor Resiko Kesehatan Haji, Dr Rosidi Roslan, SKM, SH, MPH, menegaskan bahwa ibadah haji merupakan rangkaian aktivitas fisik yang memerlukan kondisi sehat baik sehat secara fisik maupun mental. Kegiatan sosialisasi ini merupakan upaya dari Kementerian Kesehatan dalam menstimulasi perilaku jemaah haji menerapkan perilaku hidup sehat dan mengelola faktor-faktor resiko pada jemaah haji agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan sesuai dengan syariat agama islam.

Kegiatan ini juga diisi oleh Kasie Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Kepala Bidang Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dan Perwakilan dari Kanwil Kemenag Kabupaten Sidoarjo.

Salam Sehat : ”Haji Sehat Haji Mabrur (DY/AM)

Share Berita ini :

   