KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Kategori
BERITA VIDEO
Video Apa Itu Tanazul?


Jum'at, 28 Agustus 2020

Video Tutorial Senam Haji Sehat


Kamis, 20 Agustus 2020

Lihat Berita Video Lainnya

Pentingnya Istitha'ah Kesehatan bagi Jemaah Haji

 Minggu, 31 Maret 2019
 Puskeshaji

Halmahera Selatan - Baru-baru ini Jumat, 29 Maret 2019 bertempat di Gedung Kementerian Agama Halmahera Selatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Selatan melaksanakan kegiatan Pembinaan Kesehatan bagi Jemaah Haji Kabupaten Halmahera Selatan dengan lancar dan sukses. Dalam kesempatan ini, Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan yang diwakili oleh Iwan Kurniawan, SE (Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Umum), menyampaikan bahwa pengetahuan tentang istithaah kesehatan dalam melaksanakan rukun dan syarat sahnya haji sebagai bekal pengetahuan selama melaksanakan ibadah haji di tanah air.

Dari laporan penanggung jawab kegiatan, disebutkan sebanyak 198 calon jemaah haji yang dilakukan pemeriksaan kesehatan, 143 jemaah haji berisiko tinggi, hanya 57 jemaah haji masuk dalam kategori memenuhi syarat istitha'ah kesehatan haji.

Selanjutnya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Selatan, Ahmad Rajal, SKM, M.Kes, mengungkapkan pentingnya kesiapan fisik dan mental dalam pelaksanaan ibadah haji. "Pemeriksaan fisik dapat dilakukan melalui screening Penyakit Tidak Menular, pengukuran kebugaran dan pemeriksaan kesehatan, untuk pemeriksaan kesehatan mental bisa melalui screening kesehatan jiwa sesuai ketentuan yang diatur dalam juknis pemeriksaan dan pembinaan kesehatan haji," ujarnya.

Dalam penjelasan yang diungkapkan oleh Kepala Seksi PHU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Selatan, sebanyak 8 calon jemaah haji sudah melunasi biaya hajinya, padahal 131 calon jemaah haji Kab. Halmahera Selatan sudah dinyatakan masuk dalam kategori istitha'ah kesehatan haji. "Hal ini disebabkan sebagian besar saldonya kurang, "ujarnya. Beliau juga menekankan kepada para calon jemaah haji untuk selalu mengikuti dan mematuhi semua petunjuk yang diberikan oleh petugas kesehatan agar tetap sehat. 

Di akhir sesi dilakukan penyerahan buku paket pedoman istitha'ah kesehatan dari Pusat Kesehatan Haji yang dalam hal ini di serahkan oleh Kasubbag Kepegawaian dan Umum kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Selatan. (NS)

Share Berita ini :

   