KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Kategori
BERITA VIDEO
Video Apa Itu Tanazul?


Jum'at, 28 Agustus 2020

Video Tutorial Senam Haji Sehat


Kamis, 20 Agustus 2020

Lihat Berita Video Lainnya

Sosialisasi Haji Sehat calon Jemaah Haji Cilacap berlangsung Meriah

 Jum'at, 29 Maret 2019
 Puskeshaji

Cilacap, 29 Maret 2019

Sebanyak 150 Calon Jemaah Haji Kab Cilacap hadir dalam Sosialisasi Haji Sehat (SHS) di Gedung IPHI Cilacap Jawa Tengah, Jumat 29 Maret 2019. Kemeriahan ini juga dirasakan oleh para pedagang baju muslim yang sejak pagi hari, menggelar lapak dagangannya di sepanjang gedung tempat pelaksanaan SHS. Kegiatan ini diawali pemeriksaan kesehatan dan pengukuran kebugaran bagi calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini. Menjadi kewajiban bersama antara pemerintah, jemaah haji dan masyarakat untuk mewujudkan istithaah kesehatan jemaah haji melalui program pemeriksaan dan pembinaan kesehatan haji. Rangkaian kegiatan SHS berikutnya di dalam gedung, diisi dengan penyuluhan-penyuluhan kesehatan dan penyampaian informasi terkait pelaksanaan ibadah haji.

Dalam kesempatan ini Bapak Dr. Rosidi Roslan, SKM, SH, MPH selaku Kepala Bidang PPFR Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, menjelaskan beberapa tahapan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan jemaah haji yaitu; pemeriksaan kesehatan tahap pertama yang dilakukan di puskesmas/klinik, pembinaan masa tunggu, pemeriksaan kesehatan tahap kedua (rumah sakit kabupaten/kota), pembinaan masa keberangkatan, serta pemeriksaan kesehatan tahap ketiga yang diselenggarakan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi bidang Kesehatan," ujarnya. Selanjutnya Rosidi mengutarakan bahwa "Pelaksanaan kegiatan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan jemaah haji ini adalah dalam rangka memelihara dan meningkatkan kondisi kesehatan jemaah haji sehingga mencapai istithaah kesehatan haji".

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr. Marwoto, M.Si, juga mengungkapkan, "Pentingnya para calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini, untuk selalu memelihara kondisi kesehatannya walaupun sudah dinyatakan Istithaah Kesehatan, karena tidak tertutup kemungkinan akan berubah menjadi kondisi yang tidak laik untuk berangkat, disebabkan lalai menjaga dan meningkatkan kesehatan dirinya". Pesan Kadinkes, periksa kesehatan; banyak makan buah dan sayur; serta beraktivitas fisik.

Terkait kesehatan jemaah haji Kemenag Kabupaten Cilacap menghimbau kepada seluruh calon jamaah haji banyak mengonsumsi air putih selama berada di tanah suci. Lalu makan makanan yang bergizi serta meminum vitamin agar tubuh tetap fit. "Termasuk juga diharapkan untuk dapat mengurangi kegiatan-kegiatan di luar ruangan yang tidak ada kaitannya dengan kegiatan ibadah,” tandasnya. (RR)

Share Berita ini :

   