KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Sosialisasi Istitaah Kesehatan di Kabupaten Luwu Menyiapkan Jemaah Haji Menuju Istitaah Kesehatan

 Senin, 25 Februari 2019
 Puskeshaji

Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan mengadakan Sosialisasi Istitaah Kesehatan bagi jemaah haji Sabtu (23/2/2019) di Lapangan Andi Djemma Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota Komisi IX DPR RI, Dr. Ir. Markus Nari, MSi. Para jemaah sangat antusias mengikuti serangkaian pemeriksaan dan pembinaan kesehatan pada kegiatan tersebut.

Sosialisasi Istitaah Kesehatan bertujuan untuk memberikan informasi mengenai pentingnya melakukan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan haji sehingga jemaah haji mau dan mampu menjaga kesehatannya secara mandiri. Markus Nari dalam sambutannya menjelaskan bahwa meskipun jemaah haji memiliki kemampuan melunasi biaya haji, namun jika kesehatannya terganggu maka rangkaian kegiatan ibadah haji sulit dilakukan dengan sempurna. Bahkan tidak dapat berangkat ke tanah suci karena terhalang oleh masalah kesehatannya.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Luwu, dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan oleh pengelola program kesehatan haji Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu dan manasik ibadah haji ringkas oleh Kasi Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu.

Pemeriksaan kesehatan diikuti oleh 150 jemaah haji dari Kabupaten Luwu antara lain pengukuran tekanan darah, gula darah, kolesterol dan dilanjutkan dengan deteksi dini kesehatan jiwa. Dalam kesempatan itu juga  dilakukan pengukuran kebugaran dengan metode Rockport, yaitu berjalan kaki atau berlari sejauh 1600 meter. Hasil pemeriksaan kesehatan diketahui sebanyak 102 jemaah (68%) memiliki risikio tinggi atau menderita penyakit. Acara diakhiri dengan tanya jawab seputar kesehatan haji. (IMR)

Share Berita ini :

   