Sosialisasi Haji Sehat dan Kemitraan Dengan Komisi IX DPR RI

Mon, 08/05/2017 16:10:04   | Dilihat : 2192   Penulis : SUPER ADMIN

Sukabumi, 8 Mei 2017
Sosialisasi Haji Sehat adalah salah satu upaya pemerintah memasyarakatkan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 15 tahun 2017 tentang Istithaah Kesehatan Haji.

Kab.Sukabumi memanfaatkan kesempatan yang diberikan sebagai tempat dilakukannya Sosialisasi Istithaah Kesehatan Haji, dengan harapan mencapai haji yang mabrur mabrurah.

Bertempat di PUSBANGDAI CIKEMBAR SUKABUMI, dengan jumlah Jemaah 201 orang. Persiapan tempat dan alat diantaranya alat mengukur kandungan kholesterol dalam darah, asam urat dan gula darah sewaktu juga pengukuran tekanan darah dilanjut dengan dilakukan pengukuran BB, TB dan tekanan darah, dan mengisi formulir yang digunakan sebagai dasar penentuan jenis pengukuran kebugaran yang diikuti oleh Jemaah, ada dua jenis pengukuran kebugaran yaitu jika Jemaah usia < 60 tahun tanpa resiko penyakit dan tekanan darah normal maka dapat mengikuti pengukuran kebugaran melalui rockport yaitu berjalan biasa, atau jalan cepat atau berlari sejauh 1,6 km, dan jika usia > 60 th dengan risiko penyakit dan tensi tinggi cukup dengan berjalan selama 6 menit.

Sebelum jemaah melakukan rockport dilakukan pemanasan yg dipimpin oleh petugas selanjutnya jemaah melalukan rockport sesuai kemampuannya dan setelah menyelesaikan 1,6 kembali dilalukan pengukuran tensi. lanjut dengan pendinginan. Keseluruhan hasil pembinaan di entrikan oleh petugas ke dalam Siskohatkes.

Selanjutnya Jemaah dikumpulkan di aula Pusbangdai dan Kepala Pusat Kesehatan Haji Dr.dr.Eka Jusup Singka, MSc memberikan arahan tentang Permenkes 15 Tahun 2016, dilanjutkan arahan Hj.Dewi Asmara Komisi IX DPR, Bupati Sukabumi H.Marwan juga menekankan bahwa Jemaah Haji harus mempersiapkan diri dalam menghadapi cuaca panas dan kemampuan kesehatan untuk dapat menjalankan ibadah Haji,
Penyuluhan Kesehatan di lanjutkan oleh Kabid P2P Harun Arasyid dan Ramlan Kasie Haji Kemenag Kab.Sukabumi.

Semangat Jemaah Haji dalam melaksanakan Pengukuran Kebugaran untuk mempersiapkan diri dalam melaksanakan Ibadah Haji,
Tergambar dari senyum ceria para Jemaah, Baik Pria Maupun Wanita.


Arif Budiarto