Sosialisasi Haji Sehat (SHS) Labuhanbatu

Wed, 12/04/2017 09:30:12   | Dilihat : 1360   Penulis : SUPER ADMIN

Kesehatan mental salah satu faktor utama yang harus dimiliki jamaah calon haji, sebab mental yang kuatlah yang mampu mengatasi berbagai kendala. Mental yang kuat sangat diperlukan. Namun kesehatan fisik juga penting sebagai salah satu bentuk istithaah (kemampuan).

Ada tiga kemampuan dalam melaksanakan haji, pertama kemampuan ekonomi, kedua adanya keamanan dan ketiga kesehatan. Berkenaan dengan yang ketiga inilah pemerintah terus berinovasi membuat berbagai formula dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelaksanaan ibadah haji.

Hal itu disampaikan Plt. Kakankemenag Labuhanbatu Safiruddin pada Sosialisasi Haji Sehat (SHS), Selasa 11 April 2017 di Gedung Nasional Rantauprapat.

Acara yang dihadiri berbagai pihak dari Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, Asisten Pemerintahan Sofyan Hasibuan, Kepala Dinas Kesehatan, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Makmur TB dan para calan jamaah haji tahun 2017 ini dalam rangka pembinaan kesehatan jamaah haji terkait dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2016 Tentang Istithaah Kesehatan Jemaah Haji.

Beberapa tantangan dalam pelaksanaan haji seperti cuaca ekstrim maupun munculnya virus-virus yang membawa penyakit, yang memerlukan kondisi fisik prima.

Acara ini diselenggarakan merupakan bagian dari persiapan pemeriksaan kesehatan kedua bagi jamaah calon haji.

dr. Alfarizi