Rakon Penguatan Sistem Informasi Kesehatan Haji tahun 2016

Thu, 29/09/2016 11:22:30   | Dilihat : 1076   Penulis : Admin2

Pada tanggal 20 sd 22 juli diadakan Rapat Konsolidasi Penguatan Sistem Informasi yang diadakan di Hotel Oval Surabaya Jawa Timur. Kegiatan ini mengundangan PPIH Embarkasi dalam hal ini (Kepala KKP dan Pengelola siskohatkes di KKP Embarkasi/Debarkasi-Antara) dan PPIH Arab Saudi Tahun 2016 (tidak semua yang ditugaskan diundang hanya orang yang ditunjuk untuk memperkuat pencatatan pelaporan di Arab Saudi).

Maksud dan tujuan pertemuan ini adalah:

1.Mendapat informasi mengenai kebijakan Penyelenggaraan Kesehatan Haji tahun 2016 M/1437 H.
2.Persamaaan persepsi dalam penyelenggaran kesehatan haji tahun 2016 M/1437 H.
3.Peningkatan Kapasitas Petugas PPIH Embarkasi/Debarkasi dan PPIH Arab Saudi.

Pada pertemuan tersebut dibuka oleh bapak Inspektur Jenderal Kemenkes yang sebelumnya disampaikan ucapan selamat datang oleh Bapak Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang dan Laporan Ketua Panitia disampaikan oleh Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya dan selanjutnya pemaparan Kebijakan Penyelenggaraan Kesehatan Haji Tahun 2016 M / 1437 H oleh Kepala Pusat Kesehatan Haji dan dilanjutkan panel materi dari Direktur Surveilens Karantina Kesehatan Ditjen PP dan P dalam hal ini diwakili oleh Kasubdit PIE (Penyakit Infeksi Emerging) dan sosialisasi vaksin meningitis meningokokus ACW135Y dari Biofarma.

Kegiatan dihari kedua peserta dibagi atas 3 (tiga) kelas sesuai bidang pembahas dikelompokkan yaitu
1.Kelas Kepala KKP embarkasi/debarkasi.
2.Kelas Siskohatkes KKP embarkasi/debarkasi.
3.Kelas PPIH Arab Saudi.

Kelompok kelas ini hasilnya akan diplenokan pada kelas besar dan diadakan diskusi dan tanya-jawab hasil ini akan dijadikan Rencana tindak lanjut penyelanggaraan Kesehatan Haji tahun 2016.

Pada Hari Ketiga acara penutupan yang disampaikan oleh kepala kantor kesehatan pelabuhan Kelas 1 Denpasar dr.Lucky Tjahyono, M.Kes. Dalam kata sambutan penutupan tersebut menyampaikan agar semua yang hadir dalam pertemuan ini agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik sehingga harapan bapak Inspektur Jenderal dalam pembukaan acara agar penyelenggaraan kesehatan haji tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.

Demikian laporan singkat hasil pertemuan Rakon Pengutan sistem informasi di surabaya dari tanggal 20 sd 22 juli di Hotel Oval. Seluruh Panitia mengucapakan banyak terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir dan ikut memberikan kontribusi sebagai peserta aktif dalam penyelenggaraan acara tersebut.

dr.Thafsin Alfarizi,M.Sc