Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional 2015

Sun, 31/07/2016 12:34:47   | Dilihat : 1082   Penulis : Admin

Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 12 November, tahun ini dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan yang sudah dimulai sejak awal bulan November. Diantaranya lomba antar satker (pertandingan cabang olahraga, lomba vokal, dll), pameran kesehatan, kegiatan donor darah, dan tentunya upacara HKN yang diadakan pada hari Kamis, 12 November 2015.

Upacara HKN kali ini dibuka dengan sambutan dari Menteri Kesehatan, Nila Djuwita F. Moeloek, yang menyampaikan mengenai Nawacita dan peran Revolusi Mental bidang Kesehatan untuk kemajuan pembangunan pelayanan kesehatan di Indonesia. Revolusi mental bidang kesehatan diantaranya mengubah paradigma kesehatan yaitu menekankan pada promotif dan preventif, daripada kuratif. Ibu Menteri juga menyampaikan ucapan bela sungkawa atas wafatnya dr Dionisius Giri Samudra, dokter internship yang bertugas di Kepulauan Aru, Maluku.

Pada kesempatan ini pula diserahkan tanda jasa dan penghargan kepada PNS di lingkungan Kementerian Kesehatan, diantaranya: Bakti Karya Husada Dwi Windu dan Tri Windu, juga Satyalancana  Karya Satya 10 tahun, Satyalancana  Karya Satya 20 tahun  dan Satyalancana  Karya Satya 30 tahun. Satyalancana Karya Satya merupakan tanda kehormatan dari presiden yang diberikan kepada PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan Kepada Pancasila, UUD 1945, Negara dan Pemerintah, serta penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin sehingga dapat menjadi teladan bagi pegawai lainnya. Salah seorang yang mendapatkan penghargaan Satyalancana  Karya Satya yang diserahkan oleh ibu Menteri Kesehatan adalah dr Mawari Edy, M.Epid, Kabid Pelayanan dan PSDK Haji, Satker Pusat Kesehatan Haji. Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba antar satker yang telah dilaksanakan pada awal November ini. Kemudian ditutup dengan dikumandangkannya Mars Hidup Sehat. (artikel:AIR; editor:ERW)