Wajah Baru Pimpinan Pusat Kesehatan Haji

Sun, 31/07/2016 12:26:29   | Dilihat : 1913   Penulis : Admin

Hari Kamis 7 Januari 2016 merupakan salah satu momen bersejarah di lingkungan Kementerian Kesehatan, yaitu dengan dilantiknya jajaran pejabat eselon 2. Seiring hal tersebut, terjadilah perpindahan di pucuk kepemimpinan Kepala Pusat Kesehatan Haji.

Adalah Dr. dr. Fidiansjah, Sp.KJ yang merupakan Lulusan Universitas Indonesia dengan gelar Doktoral Ilmu Kedokteran, pernah menjabat sebagai Direktur Utama RSJ Prof. Dr. Soeroyo Magelang tahun 2010 dan Direktur Utama RSKO Jakarta tahun 2003. Pada tahun 2013, pria kelahiran Jakarta ini menjabat sebagai Kepala Pusat Kesehatan Haji, Setjen Kemenkes hingga tanggal 6 Januari 2016 dan digantikan oleh Dr. Muchtaruddin Mansyur, MS, SpOk, PhD.

Secara history, Kepala Pusat Kesehatan Haji saat ini yaitu Dr. Muchtaruddin Mansyur, MS, SpOk, PhD merupakan pucuk pimpinan eselon 2 yang ke 5. Berturut-turut pimpinan sebelumnya adalah dr. Wan Alkadri, M.Sc (2010-2011); dr. Taufik Tjahjadi, Sp.S (2011-2012); dr. Azimal M.Kes (2012-2013) dan Dr. dr. Fidiansjah, Sp.KJ (2013-2016).

Sebelum bergabung di Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI, Dr. Muchtaruddin Mansyur, MS, SpOk, PhD dikenal kiprahnya dalam bidang Kesehatan Kerja dan sebelumnya menjabat sebagai direktur Bina Kesehatan Kerja dan Olahraga Ditjen Bina Gizi dan KIA Kementerian Kesehatan. Sebagai akademisi dari FKUI yang pernah menjabat sebagai ketua Departmemen Ilmu Kedokteran Komunitas dengan lingkup Kedokteran Kerja, Kedokteran Olahraga, Kedokteran Keluarga, Manajemen Medik, dan Biostatistik & Epidemiologi kesehatan haji bukanlah merupakan hal asing. Dalam organisasi profesi, beliau pernah menjabat sebagai Ketua Umum PERDOKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Okupasi Indonesia). Berbagai kegiatan ilmiah khususnya tentang kedokteran dan kesehatan kerja tingkat internasional di luar negeri dan dalam negeri telah banyak diikuti.

Sosok yang sangat bersahaja ini menamatkan profesi dokter dan spesialisnya di FKUI. Gelar PhD di bidang kedokteran kerja diraihnya pada salah satu universitas terbaik di Leeds, Inggris. Dalam sambutannya pada acara perkenalan dengan seluruh staf Pusat Kesehatan Haji, beliau banyak memberi keteladanan motivasi bahwa bekerja adalah ibadah. Displin diri dengan tepat waktu, bekerja dengan sistematis dan terarah serta berorientasi pada proses dan hasil yang jelas sangat ditekankan. Segenap jajaran dan staf Pusat Kesehatan Haji sangat optimis dibawah kepemimpinan Pak Muchtaruddin yang sangat menguasai bidang keilmuannya, program kesehatan haji dapat lebih maju dan berkembang lebih pesat lagi. (artikel: HBO; editor: ME)