SISKOHATKES MOBILE 2013

Sun, 02/10/2016 15:27:04   | Dilihat : 2133   Penulis : Admin2

Jakarta. Senin, 2/09/2013. Ada yang akan tampil-beda pada operasional haji tahun 1434-H. Apa itu ? Untuk menyempurnakan pelayanan kesehatan bagi jemaah haji Indonesia, Kementerian Kesehatan RI up Pusat Kesehatan Haji akan mengoperasikan Siskohatkes Mobile. Siskohatkes mobile adalah piranti jejaring komunikasi yang dirancang untuk memudahkan petugas TKHI (Kloter) untuk menyampaikan pelaporan kegiatan pelayanan selama masa perjalanan haji.

Dr. Thafsin Alfarizi, MSc, selaku Kasubid Pengendalian Faktor Risiko menyebutkan bahwa, “Setiap Kloter akan dibekali satu piranti komunikasi android untuk menyokong mekanisme pelaporan kegiatan pelayanan. Kami sedang menyiapkan untuk seluruh kloter. Semoga dengan kelengkapan alat ini, tingkat kelengkapan dan ketepatan laporan dapat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya”.

Pelaporan data layanan oleh petugas kesehatan kloter, baik kasus kesakitan, kematian maupun kejadian luar biasa akan dapat disampaikan secara real-time. Analisa epidemiologi akan lebih mudah dan cepat dilakukan, sehingga akan memudahkan pengambilan keputusan-keputusan penting dalam pengendalian penyakit. Dalam situasi dengan peningkatan kewaspadaan terhadap kejadian kesakitan virus Corona, kehadirannya dapat membantu petugas dalam meningkatkan pelayanan kesehatan.

Kabid Pelayanan dan Pendayagunaan Sumber Daya Kesehatan (PPSDK) Haji, Dr. Mawari Edy, M.Epid mengungkapkan harapannya, “In sya Allah, petugas dapat mengoperasikan piranti tersebut dengan baik. Para petugas sudah dilatih untuk menggunakannya pada pelatihan petugas. Jika ada kesulitan selama masa tugas, petugas dipersilakan untuk berkonsultasi kepada petugas Siskohatkes yang berada di setiap Daerah Kerja”.

Untuk informasi lebih lanjut, petugas dapat mengunduh petunjuk sebagai berikut:

►   Petunjuk Aktifasi Internet di Android TKHI 2013

►   Petunjuk Operasional Siskohatkes-Mobile TKHI 2013

Petugas TKHI akan menerima separangkat paket Siskohatkes-Mobile di Asrama Haji Embarkasi pada saat menjelang keberangkatan. Paket tersebut diminta untuk digunakan sebagaimana peruntukan dan diminta untuk dikembalikan saat ketibaan di debarkasi. Sebagai antisipasi gagal fungsi, petugas tetap dibekali sejumlah formulir pelaporan yang dibutuhkan.

Dengan pengoperasian Siskohatkes Mobile, diharapkan berkontribusi terhadap efisiensi waktu pelaporan. Petugas TKHI akan lebih punya banyak waktu untuk melayani jemaah, dengan layanan pengobatan rawat jalan dan layanan visitasi kepada jemaah. Layanan visitasi jemaah merupakan upaya pro-aktif petugas kesehatan kloter dalam rangka kewaspadaan terhadap faktor risiko kesakitan maupun kematian. Semoga Jemaah Haji Indonesia dapat menjadi jemaah haji yang sehat, mandiri dan mabrur. Amien. ME;2/09/2013.