KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Pusat Kesehatan Haji Gelar Workshop Fasilitator Materi Pencatatan Pelaporan PPIH Kloter 2020

 Jum'at, 14 Februari 2020
 Puskeshaji

Jakarta, 13 Februari 2020 - Pada tanggal 11-13 Februari 2020 Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan mengadakan Workshop Fasilitator Materi Pencatatan dan Pelaporan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter 2020. Acara yang diadakan di Swiss-Bel Epicentrum Hotel Jakarta Selatan bertujuan memberikan pembekalan bagi calon fasilitator materi Pencatatan dan Pelaporan bagi PPIH Kloter di seluruh embarkasi di Indonesia. Pelatihan Kompetensi PPIH Kloter akan dimulai pada 15 Februari 2020, dan materi pencatatan dan pelaporan perdana akan mulai diberikan pada tanggal 21 Februari 2020.

Acara dibuka oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan, Program dan Informasi Kesehatan Haji, Bapak dr. Melzan Dharmayuli, MPHM. Dalam sambutannya Melzan menyatakan bahwa, “Materi pencatatan dan pelaporan bagi PPIH Kloter/TKHI (Tenaga Kesehatan Haji Indonesia) selalu terdapat dinamika sesuai dengan kebijakan terkini Kepala Pusat Kesehatan Haji dan kondisi terakhir saat operasional penyelenggaraan Kesehatan Haji tahun sebelumnya, sehingga penting sekali diadakan workshop bagi calon fasilitator Pusat Kesehatan Haji yang akan memberikan pengetahuan kepada calon TKHI di seluruh Indonesia”. 

Workshop ini melibatkan berbagai narasumber yang kompeten di bidangnya, seperti narasumber Widyaiswara yang berasal dari Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Jakarta, dr. Fathonah, MKM, dr. Dwidea Yuliana, M.Kes, dan dr.Dahnita Amir, M.Kes yang menyampaikan berbagai materi antara lain: Pembelajaran Orang Dewasa, Menciptakan Iklim Pembelajaran Kondusif, Metode Pembelajaran, Media dan Alat Bantu, Menyusun Satuan Acara Pembelajaran (SAP), dan Teknik Presentasi Interaktif. Selain itu para fasilitator juga diwajibkan untuk membuat SAP materi Pencatatan dan Pelaporan serta praktik microteaching dalam acara workshop ini.

Selain itu pada hari terakhir penyelenggaraan workshop dilaksanakan proses pembuatan video blog (vlog) mengenai pencatatan dan pelaporan terutama tutorial menggunakan aplikasi SISKOHATKES MOBILE bagi petugas TKHI dalam melakukan pencatatan dan pelaporan secara elektronik di kloter pada saat bertugas di Arab Saudi. Diharapkan vlog tersebut akan selesai dan dapat diunduh oleh calon TKHI pada kanal youtube Pusat Kesehatan Haji. (AIR)

Share Berita ini :

   