KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Tips Agar Lulus Medical Check Up

 Selasa, 11 Februari 2020
 Puskeshaji

Oleh dr. Enny Nuryanti, MKM

Medical Check Up (MCU) atau Tes kesehatan adalah salah satu syarat yang biasanya diperuntukkan untuk para calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter dan PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan. Berkas Medical Check Up yang diserahkan ke panitia paling lama telah dilakukan 3 bulan sebelum Pengumuman, sehingga untuk PPIH Kloter Medical Check Up paling lama tanggal 1 November 2019. Hal ini agar diketahui kondisi kesehatan terkini.

Tak jarang, bila check up ini tak lolos calon petugas tersebut otomatis tidak bisa mengikuti tahap tes selanjutnya. Oleh karena itulah, terkadang check up kesehatan ini menjadi sebuah tes yang mempengaruhi tingkat kepercayaan diri calon petugas.

Jika Anda pernah atau sedang mengalaminya, tak perlu khawatir lagi. Karena untuk bisa lolos MCU ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan. Lalu, hal apa saja yang bisa Anda lakukan sebelum memulai MCU? Berikut pemaparannya!

Tips Sebelum Anda  melakukan Medical Check Up

  1. Perbanyak Minum Air Mineral
    Seperti yang diketahui bersama, Air mineral memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan adalah air tersebut bisa membuang racun dan kotoran yang ada dalam tubuh. Selain memiliki manfaat di atas, bagi Anda yang akan melakukan Medical Check Up pun sebaiknya biasakan diri untuk minum air mineral ini. Minimal mulai dirutinkan seminggu sebelum pelaksanaan check up kesehatan Untuk yang tidak terbiasa pastinya akan terbebani, namun pengorbanan tersebut akan terbayar dengan lolosnya Anda dari petugas kesehatan haji yang diimpikan. Agar merasa tidak terbebani, Anda bisa meruntinkan minum air mineral sebanyak 8 gelas dalam waktu sehari. Untuk memulainya bisa dimulai dari pagi hari , sebelum dan sesudah makan, sore hari, dan sebelum tidur.
  2. Tidur atau Istirahah dengan Teratur sebelum tes kesehatan
    Jika Anda memiliki kebiasaan bergadang atau tidur terlalu larut sebaiknya untuk saat ini dihindari. Bila Anda ingin lolos dari MCU, lakukanlah tidur atau istirahat dengan teratur. Apabila hal tersebut tidak dilakukan, maka akan berakibat pada kondisi kesehatan Anda sendiri. Seperti tekanan darah tidak stabil, badan tidak fit, merusak anti bodi, dan kurang konsentrasi. Oleh karena itu, bila Anda ingin melakukan chek up kesehatan maka seminggu sebelum tes harus mau mengubah pola tidur tersebut .
  3. Berolahraga
    Seperti yang diketahui bersama, dengan melakukan olahraga akan membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar. Olahraga pun memiliki manfaat lain yaitu, bisa membuat awet muda serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Mau tidak mau, olahraga harus dilakukan minimal bisa lari pagi atau berjalan kaki di pagi hari. Dengan menjadikan kebiasaan berolahraga, maka sangat besar kemungkinan untuk bisa lolos dalam check up kesehatanOlahraga yang dilakukan pun memliki rentang waktu yang cukup singkat, yaitu hanya dilakukan selama 10-15 men Seperti yang diketahui bersama, olahraga lari ini memiliki sebuah manfaat agar oksigen yang ada dalam tubuh bisa terdistribusikan dengan baik ke otak. Sehingga Anda bisa berkonsentrasi penuh untuk memulai kegiatan yang ingin dilakukan.
  4. Berpuasa Selama 10 Jam
    Bagi Anda yang akan melakukan chek up kesehatan sangat dianjurkan untuk melakukan puasa terlebih dahulu.Hal ini dimaksudkan agar saat terjadinya pemeriksaan hasil yang keluar tidak terpengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsi pada jam-jam tersebut. Seperti yang diketahui bersama, ketika tubuh mendapatkan asupan makanan maka seluruh elemen yang ada dalam tubuh akan bergerak. Masing-masing organ akan menyerap makanan tersebut sebagai “bahan bakar” untuk beraktivitas. Oleh karena itu, agar hasil check up kesehatan maksimal. Anda memerlukan 10 jam saja untuk berpuasa.
  5. Hindari Penggunaan Obat-Obatan dan Alkohol
    Dengan melakukan check up kesehatan, maka bisa dilihat adanya berbagai penyakit atau indikasi terkena obatan-obatan. Biasanya hal tersebut dapat terlihat jelas dari urine yang diperiksa saat check up. Rupanya dengan mengonsumsi obat-obatan satu hari menjelang chek up pun akan berakibat fatal pada diri Anda. Karena di dalam obat tersebut mengandung sebuah zat adektif yang bisa larut dan kemudian bisa diketahui melalui tes urine tersebut. Jika sudah begitu, maka pihak petugas yang memeriksa bisa saja menganggap Anda sebagai seseornag yang menggunakan narkoba. Tentu akan menjadi masalah besar yang berdampak pada karir Anda kedepannya. Selain menggunakan obat-obatan, sebaiknya hindari pula minum alkohol atau minuman keras. Karena selain tidak baik untuk kesehatan, Pusat Kesehatan Haji tidak mau bila petugas kesehatan haji adalah seorang pemabuk atau pengguna minuman beralkohol. Maka dari itu, hindari dan patuhi peraturan yang telah ditentukan.
  6. Berhenti Merokok
    Bagi Penggunana rokok aktif, berhenti merokok adalah sebuah aktivitas yang sulit untuk dilakukan. Tetapi tak ada salahnya untuk berkorban demi masa depan yang memang Anda impikan. Apalagi salah satu syarat untuk menjadi petugas kesehatan haji adalah tidak merokok. Bila hal tersebut tidak ingin terjadi pada Anda, maka solusi yang tepat adalah berhenti dari merokok untuk sementara waktu. Jeda waktu yang bisa digunakan adalah seminggu sebelum pekasanaan check up kesehatan. Maka jika Anda memantuhinya, boleh jadi pengorbanan yang Anda lakukan akan terbayar dengan apa yang Anda impikan selama ini. Yaitu, menjadi Petugas Penyelenggara Ibada Haji (PPIH).
  7. Hindari Makanan yang Bisa Menyebabkan Kolestrol
    Beriktunya adalah, hindari makanan yang bisa menyebabkan kolestrol. Makanan tersebut seperti gorengan karena minyak yang digunakan bisa berkali-kali sehingga memicu terjadinya kolestrol dalam tubuh. Selain itu ada pula daging bebek, telur puyuh, makanan yang bersantan, dan lain sebagainya. Kolestrol adalah penyakit jahat yang bisa melemahkan fungsi organ yang ada di dalam tubuh. Apabila Anda tetap nekat memakannya menjelang tes kesehatan, maka bisa dipastikan bahwa hasil akan hipercholesterolemia atau hiperlipidemia.Ini akan mengurangi poin Anda.
  8. Konsumsi Karbohidrat, Sayur, dan Buah-Buahan
    Agar bisa terlihat sehat dan bugar ketika menjalani tes kesehatan, maka bisa mengonsumsi karbohidrat, sayuran, dan buah-buahan. Untuk porsi karbohidrat per harinya sebanyak 150 gram. Dan untuk mengonsumsinya idealnya 3 hari sebelum pelaksanaan check up kesehatan. Sedangkan sayuran dan buah-buahan memiliki serat yang sangat bagus, sehingga bisa membantu mengeluarkan kotoran yang ada di tubuh Anda. Bila Anda tidak suka mengonsumsi sayuran atau buah-buahan, cara yang baik untuk memakannya adalah dengan di jus atau dicampur dengan bahan protein lainnya bisa menguggah selera.
  9. Minum Suplemen yang Membantu Menstabilkan Darah dalam Tubuh
    Banyak orang yang tidak jadi untuk melakukan chek up kesehatan dikarenakan kondisi tekan darah yang tidak stabil. Atau ada pula yang darahnya cukup mengental sehingga sulit untuk diambil sampel darah tersebut. Agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, maka langkah yang bisa dilakukan adalah minum suplemen yang bisa menstabilkan darah dalam tubuh. Suplemen tersebut bisa bersifat alami atau pun dalam bentuk obat yang sudah teruji kualitas dan khasiatnya. Namun, jika Anda ingin yang menggunakan alami maka bisa mengonsumsi temu lawak. Temu lawak ini memiliki khasiat yang bisa menurunkan SGOT dan SGPT dalam darah. Sehingga ketika hari tes kesehatan tiba, kondisi tubuh Anda sudah fit dan siap untuk melakukan tes. Untuk mengonsuminya bisa dilakukan 1-2 kali dalam sehari.
  10. Tes Kesehatan Di Pagi hari
    Sebaiknya untuk melakukan chek up kesehatan ini dilakukan pada pagi hari, yaitu pukul 07.00 hingga pukul 09.00.Tes yang dilakukan pada pagi hari biasanya sangat akurat karena tubuh masih dalam keadaan fit dan belum terkontaminasi oleh hal lainnya. Dan yang paling penting adalah setelah beristirahat pada malam dengan baik tubuh Anda dalam keadaan basal yang memang sangat bagus untuk melakukan check up kesehatan.

Kesehatan adalah sumber kebahagian bagi seseorang. Karena dengan sehat, semua orang bisa melakukan apapun termasuk menggapai mimpi yang diinginkannya. Maka, jika impian tersebut telah nampak nyata dihadapan Anda. Tunggu apalagi, segeralah berkorban dengan menjaga kesehatan diri. Patuhi apa yang menjadi pantangan untuk Anda.

Semoga informasi tentang tips sebelum melakukan medical check up ini bermanfaat untuk Anda. Semoga Sukses!

Share Berita ini :

   