KEMENTERIAN KESEHATAN RI

PUSAT KESEHATAN HAJI

Persiapan Materi Pencatatan Pelaporan (Capor) bagi Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI)

 Selasa, 11 Februari 2020
 Puskeshaji

Jakarta,  11 Februari 2020 - Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan  menggelar Pertemuan Pertemuan Persiapan Materi Pencatatan dan Pelaporan (Capor) bagi TKHI di Hotel Swiss-Bell Residence Rasuna Epicentrum. Pertemuan ini dihadiri oleh 19 Calon Fasilitator yang akan ditugaskan pada 18 lokasi BBPK/Bapelkes di provinsi Embarkasi Haji. Mereka dipersiapkan untuk dapat memberikan materi Capor manual dan elektronik. 

Kepala Pusat Kesehatan Haji, Dr. dr. Eka Jusup Singka, MSc, dalam arahannya mengatakan bahwa  Siskohatkes yang berhubungan dengan Android, Sistem Informasi Obat Haji (SIOH) dan Profile Jemaah Haji 2020 agar dipersiapkan dengan baik, agar lebih mudah dan konektifitas sistemnya antara satu dengan lainnya bisa lebih baik lagi. 

"Untuk menunjang semua sistem tersebut agar dipastikan kapasitas sistem informasi kesehatan haji akan stabil saat operasional nanti", tutur Eka. Ini semua agar dikomunikasikan dengan Pusat Data dan Informasi Kemenkes.

Eka mengatakan bahwa dalam memberikan materi Capor, fasilitator diharapkan mampu mensimulasikan Siskohatkes Mobile, baik itu menu rawat jalan, menu rujukan maupun menu pengawasan makanan. 

"Untuk mempermudah TKHI dalam memahami sistem Siskohatkes Mobile, dalam pertemuan ini agar dihasilkan vlog Siskohatkes Mobile yang akan digunakan oleh TKHI", tutur Eka

Selain itu Eka menambahkan bahwa perlu dibuatkan e-book Petunjuk Teknis (Juknis) Operasional yang sudah ada dan mengupload ke website Puskeshaji. Semua calon petugas kesehatan haji dapat mendownload dari web Puskeshaji dan mempelajarinya secara mandiri. (EN)

Share Berita ini :

   